Layanan Peserta

Apakah perbedaan asuransi Takaful Keluarga dengan asuransi konvensional ?

Ada enam perbedaan mendasar antara asuransi Takaful Keluarga dengan asuransi konvensional.

  1. PT Asuransi Takaful Keluarga memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang betugas mengawasi produk yang dipasarkan dan pengelolaan investasi dananya. Dewan Pengawas Syariah ini tidak ditemukan dalam asuransi konvensional.
  2. Akad yang dilaksanakan pada asuransi Takaful Keluarga berdasarkan tolong menolong. Sedangkan asuransi konvensional berdasarkan jual beli
  3. Investasi dana pada asuransi Takaful Keluarga berdasarkan bagi hasil (mudharabah). Sedangkan pada asuransi konvensional memakai bunga (riba) sebagai landasan perhitungan investasinya
  4. Kepemilikan dana pada asuransi Takaful Keluarga merupakan hak peserta. Perusahaan hanya sebagai pemegang amanah untuk mengelolanya. Pada asuransi konvensional, dana yang terkumpul dari nasabah (kontribusi) menjadi milik perusahaan. Sehingga, perusahaan bebas menentukan alokasi investasinya.
  5. Pembayaran klaim pada asuransi Takaful Keluarga diambil dari rekening Tabarru (dana kebajikan) seluruh peserta yang sejak awal telah diikhlaskan bahwa ada penyisihan dana yang akan dipakai sebagai dana tolong menolong di antara peserta bila terjadi musibah. Sedangkan pada asuransi konvensional pembayaran klaim diambilkan dari rekening dana perusahaan.
  6. Pembagian keuntungan pada asuransi Takaful Keluarga dibagi antara perusahaan dengan peserta sesuai prinsip bagi hasil dengan proporsi yang telah ditentukan. Sedangkan pada asuransi konvensional seluruh keuntungan menjadi hak milik perusahaan.
Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menjadi peserta asuransi di Takaful Indonesia?

Setidaknya ada tiga manfaat khusus menjadi peserta Takaful:

    1. Aman secara syariah, karena semua dana peserta (premi) hanya diinvestasikan pada produk-produk yang sesuai dengan prinsip syariah.

    1. Adanya konsep tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan serta perlindungan. Sehingga menjadikan semua peserta sebagai keluarga besar yang saling menanggung satu sama lain.

    1. Adanya bagi hasil.



Apakah yang dimaksud dengan Dewan Pengawas Syariah

Dewan Pengawas Syariah atau disingkat DPS adalah badan yang ada di lembaga keuangan syariah dan bertugas mengawasi pelaksanaan keputusan Dewan Syariah Nasional (DSN) di lembaga keuangan tersebut. DPS diangkat dan diberhentikan di Lembaga Keuangan Syariah melalui RUPS setelah mendapat rekomendasi dari DSN

Fungsi & Peran DPS:

    1. Peran utama para ulama dalam Dewan Pengawas Syari'ah adalah mengawasi jalannya Lembaga Keuangan Syari'ah sehari-hari agar selalu sesuai dengan ketentuan-ketentuan syari'ah.

    1. Dewan Pengawas Syari'ah harus membuat pernyataan secara berkala (biasanya tiap tahun) bahwa Lembaga Keuangan Syari'ah yang diawasinya telah berjalan sesuai dengan ketentuan syari'ah.

    1. Tugas lain Dewan Pengawas Syari'ah adalah meneliti dan membuat rekomendasi produk baru dari Lembaga Keuangan Syari'ah yang diawasinya.

    1. Dewan Pengawas Syariah bersama Komisaris dan Direksi, bertugas untuk terus-menerus mengawal dan menjaga penerapan nilai-nilai Islam dalam setiap aktifitas yang dikerjakan Lembaga Keuangan Syari'ah.



Apa saja yang menjadi persyaratan untuk menjadi peserta asuransi Takaful Keluarga?

Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi peserta asuransi Takaful Keluarga. Sepanjang ia memiliki niat untuk menjalankan prinsip tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan, maka ia dapat menjadi peserta asuransi Takaful Keluarga.



Bolehkah non muslim menjadi peserta asuransi Takaful Keluarga?

Tidak ada batasan bagi non muslim untuk menjadi peserta Takaful. Bahkan tidak sedikit nasabah non muslim yang telah bergabung dengan asuransi Takaful Keluarga saat ini.



Bagaimanakan proses untuk menjadi peserta asuransi Takaful Keluarga?

Menjadi peserta asuransi Takaful Keluarga sama sekali tidak sulit. Calon peserta cukup mengisi formulir Pengajuan Asuransi yang tersedia di counter dan melampirkan fotocopy kartu identitas. Formulir tersebut bisa pula dikirimkan melalui faksimile ke kantor Takaful Keluarga. Bila perlu, calon peserta dapat meminta bantuan kepada staf marketing asuransi Takaful Keluarga untuk mengurus langsung segala hal yang berhubungan dengan penutupan polisnya. Staf marketing asuransi Takaful Keluarga selalu siap setiap saat jika diminta datang ke kantor atau ke rumah calon peserta, baik untuk melakukan presentasi, maupun dalam hal pengurusan menjadi peserta.



Di mana saja pembayaran kontribusi dapat dilakukan?

Pembayaran premi dapat dilakukan di :

  • PT Pos Indonesia online yang berlogo SOPP dengan menunjukan nomor polis pada petugas pos,
  • Bank Syariah Mandiri online dengan menunjukan nomor polis pada petugas bank, (khusus pemilik rekening BSM dapat menggunakan fasilitas BSM net banking dan mobile banking)
  • Seluruh jaringan ATM melalui fasilitas transfer ke bank permata syariah (kode bank 013) dgn nomor Virtual Account noviacc Melalui teller Bank Muamalat Indonesia dgn nomor Virtual Account noviacc
  • Standing Instruction melalui Bank Negara Indonesia.
  • Standing Instruction melalui Bank Mandiri
  • Khusus untuk polis dengan valuta US Dollar ($) dapat transfer ke rekening Bank Muamalat Indonesia Cabang Arthaloka No. 301. 00003.51 a/n PT. Asuransi Takaful Keluarga


Bagaimana prosedur pengurusan klaim asuransi Takaful Keluarga?

Pengajuan klaim dapat langsung dilakukan di setiap counter asuransi Takaful Keluarga, dengan mengisi berkas pengajuan klaim dan melampirkan dokumen-dokumen syarat pengajuan klaim lainnya. Setelah klaim diterima, pihak asuransi Takaful Keluarga akan langsung memproses dan melakukan perhitungan nilai klaim yang akan dibayarkan.